tutorial microsoft excel

 

1. Perhitungan dasar

Di Excel, untuk menghitung angka dan memanipulasi data lainnya memiliki istilahnya sendiri yaitu menggunakan “Fungsi”. Fungsi bisa dikatakan “rumus” agar angka yang keluar sesuai yang kita inginkan. Untuk membuat Fungsi, anda harus klik kotak yang tersedia di Excel dan ketik tanda “=” (sama dengan).
  • “+” Untuk melakukan operasi pertambahan.
  • “-” Untuk melakukan operasi pengurangan.
  • “*” (Tanda bintang/SHIFT + 8) Untuk melakukan operasi perkalian.
  • “/” (Garis miring) Untuk melakukan pembagian

2. Kalkulasi cepat dengan Autosum

salah satu kekuatan Excel yaitu Autosum. Autosum disini merupakan fungsi yang bisa anda gunakan untuk kalkulasi cepat tanpa perlu repot-repot mengetahui rumus perhitungannya.Misalnya anda ingin menjumlahkan 10 angka di 10 sel dalam 1 kolom atau baris. Anda cukup menyeleksi semua sel tersebut dan klik Home > Autosum. Maka semua sel tersebut akan dijumlahkan dengan otomatis.
  • SUM: Penjumlahan
  • Average: Mencari nilai rata-rata.
  • Count Numbers: Mendapatkan jumlah sel yang diseleksi.
  • Max: Mencari nilai paling besar.
  • Min: Mencari nilai paling kecil.

3. Otomasi data sederhana dalam sel

Anda memiliki tabel dengan kolom ‘nomor’. Nomor tersebut pastinya berisi dari nomor 1 hingga berapapun jumlah barisnya. Jika anda memiliki data yang banyak, apakah anda harus mengetik semua nomor tersebut? Untungnya, Excel memiliki fitur yang dapat menjawab hal tersebut.
Silahkan anda ketik 1 di sel pertama. Kemudian ketik di bawah dari angka 1 tadi atau disamping kiri atau kanannya. Kemudian, blok dua angka tersebut dengan cara klik kiri dan tahan dari sel A1 dan geser ke sel A2 seperti pada gambar diatas. Setelah anda blok, nanti dipojok kanan bawah blok tersebut, akan ada kotak berwarna hijau. Silahkan anda klik dan geser kebawah. Untuk percobaan kali ini, silahkan anda geser hingga ke sel A5.

4. Memformat angka

Format angka dibutuhkan jika anda memasukkan data dengan jenis yang berbeda. Misalnya 100% tentu berbeda dengan Rp. 100. Walaupun anda mengetikkan sama-sama angka “100”, penggunaannya berbeda.
 Di Excel, anda bisa megubah format angkanya sesuai dengan yang diinginkan.Silahkan anda blok terlebih dahulu angka yang akan diubah formatnya. Kemudian pada bagian “Number”, klik menu gulir bawah yang bertuliskan “General”. Kemudian pilih format angka yang anda inginkan.
Ketika kalian memilih “Currency”, maka secara otomatis Excel akan mengubah formatnya menjadi format Rupiah.

5. Membuat tabel

Tips lainnya untuk cara belajar menggunakan Excel dengan cepat adalah membuat tabel. Dengan membuat tabel, data yang anda berikan dapat diorganisir di Excel lebih mudah lagi.Silahkan anda blok terlebih dahulu data tabel anda. Kemudian, akan ada tombol tambahan di pojok kanan bawah. Klik bagian “Tables” dan klik “Table”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini